Tips Memelihara Anak Kucing

kitten

punya hewan peliharaan emang kadang bikin kita jadi punya spirit yang lebih untuk menjalani hidup. bisa bikin kita jadi lebih bisa tersenyum atau tertawa lebar karna ngeliat tingkah lucu’y ..

buat yang mau pelihara atau punya keinginan buat pelihara kucing .. gw kasih tips’y nii

hal penting yang harus diketahui sebelum mengadopsi kucing:

  1. waktu yang tepat buat mengadopsi kucing adalah saat sang kucing udah berumur antara 6-12 minggu
  2. cari tau dulu makanan rutin mereka dan ikuti dulu selama 1 minggu, supaya kita bisa mencegah dari gangguan perut kaya diare karna stress. kalo lo punya’y kucing ras .. periksa dulu induk’y dan setifikat’y
  3. jangan lupa tanya ke pembiak kucing, vaksinasi apa aja yang udah d’kasih dan masih d’butuhin
  4. pilih jenis kucing yang cocok sama lo. misal’y yang berbulu panjang butuh perawatan lebih buat bulu’y d’banding yang bulu’y pendek
  5. masa pertumbuhan kucing itu ngebutuhin asupan gizi yang optimal, hal ini yang buat kenapa makanan bernutrisi komplit dan seimbang bener” penting .. maka’y .. pilih makanan kucing yang bener” bagus

bayi kucing yang masih b'umur 7hari

kalo yang ini belun boleh d’pelihara .. harna masi butuh ASI dari induk’y

ngasi makan pake botol

kalo dah lepas dari ASI induk’y, tapi dia masi butuh asupan makanan yang gag keras .. bisa kok d’kasi susu formula pake botol .. kaya gini .. ^^

sekitar 1-2 bulan

dulu gw pernah pelihara kucing yang umur segini .. kira” baru 4 minggu .. bukan lansung ngambil .. tapi waktu itu kucing yang gw pelihara itu d’tinggal induk’y .. jadi’y gw pelihara dan gw kasi susu formula sebagai ganti dari ASI induk’y, tapi kalo masi ada induk’y .. tunggu sampe lebih dari 6 minggu yah .. optimal’y kalo udah 3 bulan

sekitar umur 4 bulan

ini yang udah boleh d’pelihara .. umur’y udah cukup & makanan’y udah bisa d’beli d’toko” makanan hewan .. kalo udah umur segini .. perawatan’y gag s’susah kalo masi umur 6 minggu .. metabolisme’y juga udah stabil .. tapi masi tetep harus d’jaga juga kebersihan’y biar dia gag cacingan

tingkah lucu sang kucing

nah .. kalo udah seumuran yang kaya gini .. biasa’y dia itu hyperactive .. suka’y lari”an kemana” .. jadi jangan lupa d’mandiin 2 hari sekali biar kebersihan’y k’jaga .. kalo sering” d’mandiin juga gag t’lalu bagus

Mainan yang lucu buat si Pus ..

mainan yang lucu bisa membuat kucing lo jadi lebih ceria dan gampang k’hibur. sebelum beli mainan .. pastiin kalo mainan” itu terbuat dari bahan yang aman. punya anak kucing sama aja kaya punya bayi .. jadi kalo lo emang bener” sayang sama kucing lo, perhatiin baik” kualitas mainan yang mau lo kasih k’mereka. anak kucing biasa’y suka juga maenan sama bahan” kaya kardus ato yang bentuk’y mirip tikus”n. inget yah .. jangan terlalu kecil supaya gag k’telen sama kucing lo dan lebih baik pilih mainan yang bisa mengembangkan daya eksplorasi dan aktifitas kucing lo.

tikus"n

yang kaya gini bentuk tikus”n yang bisa d’mainin sama kucing lo .. biasa’y mainan yang kaya gini bisa menstimulan otak kucing lo.

bisa maen pake penjepit kertas kaya gini juga kok

ato bisa juga d’kasi penjepit kertas yang kaya gini .. kucing itu punya sifat yang curious ato penasaran yang tinggi .. jadi bawaan’y pengen tau aja ^^

kitty

gag perlu beli mainan .. lo juga bisa b’kreasi sendiri sama tali” yang d’satuin kaya gini .. biasa’y kucing seneng banget kalo d’godain pake tali kaya gini

Menghindari anak kucing dari cacingan ..

biasa’y anak kucing gampang banget t’jangkit cacingan. mendingan tanyain k’dokter hewan, kapan waktu yang tepat buat ngasih obat cacing dan obat cacing apa yang cocok buat dia. karna kalo anak kucing lo cacingan .. biasa’y pertumbuhan’y bisa terhambat. kalo saran gw sih .. jaga kebersihan’y .. kaya selalu cuci tempat makan’y setiap hari, terus ganti air minum’y pake air yang mateng, potong kuku”nya seminggu sekali .. itu juga kalo dah k’panjangan, mandiin setiap 2 hari sekali. anggep lah kucing itu sebagai anak lo sendiri.

Agar kucing bersikap manis ..

kucing itu beda sama anjing, kalo ngajarin kucing itu musti bener” musti punya ekstra k’sabaran karna kucing itu kurang bisa merespon perintah d’banding anjing. walopun demikian, hewan yang bersifat bebas (free soul) ini tetep bisa d’latih, cara’y gini ..

  1. panggil nama’y waktu bermain, membelai’y, waktu ngasih makan atau waktu ngajak dia ngobrol (mungkin agak terlihat gag waras yah .. tapi ini bisa jadi terapi ngilangin stress lho)
  2. sebelum nyampe d’rumah, tentukan tingkah laku kucing yang gag lo suka. misal’y waktu dia lompat” d’tempat tidur atau cakar”in sofa
  3. penolakan lo atas sikap’y harus d’lakuin secara langsung setiap kali perilaku buruk’y muncul dengan menggunakan intonasi suara yang keras
  4. inget yah .. selalu puji dan beri penghargaan setiap kali dia menunjukkan sikap yang manis .. kaya gini contoh’y .. kalo dia bisa ngabisin makanan’y tanpa sisa, ucapin “good boy” atau “good girl” sambil ngelus” kepala’y .. atau bisa juga kalo dia ngejalanin perintah lo dengan baik .. kasi dia makanan atau snack yang dia suka. just like another pets

kuningku

Persiapan sebelum membawa pulang si pus k’rumah ..

  1. sediain keranjang yang d’lapisin kain tebal buat tempat dia beristirahat
  2. kasih ruangan yang hangat dengan sirkulasi udara yang baik
  3. anak kucing punya rasa ingin tau yang besar, jadi pastiin gag ada celah atau lubang yang terbuka, supaya dia gag lari keluar atau terjatuh
  4. sediain wadah berisi pasir khusus yang bisa d’beli d’toko” perlengkapan hewan buat kucing supaya dia bisa membuang kotoran’y dengan bersih .. atau ajarin dia buat poop atau pee d’kamar mandi .. itu yang lebih baik
  5. selalu sediain makanan dan minuman dengan wadah yang bersih
  6. perhatiin juga persediaan makanan si pus supaya gag k’abisan stok makanan

tidur yang salah

jangan biarin kucing tidur d’sini .. pindahin dia k’tempat yang lebih empuk

jangan juga

jangan juga d’biarin tidur d’sini .. walopun dia nikmat” aja tidur’y .. tapi kerjaan lo bisa k’ganggu kalo dia tidur d’sana .. ya kan .. !! ^^

ini jangan d'biarin

nah .. apalagi ini .. biar kata kucing suka’y yang aneh” .. tapi tetep jaga kucing lo .. kalo dia sampe d’bawa sama pak pos sampe k’ujung dunia gimana .. ?? bisa nangis dayak kan lo .. ^^

begini yang bener

begini yang bener .. kasi tempat yang hangat dan empuk buat si pus .. ^^

tingkah yang aneh

kucing itu hewan yang penasaran .. kalo sepatu ini sepatu kesayangan lo .. mending lo jauhin dari jangkauan kucing kesayangan lo .. biar gag d’cakar” .. kalo masi d’endus” sih gag masalah .. tapi mungkin kucing lo bakal kena ISPA abis ngendus sepatu kesayangan lo itu .. ^^

kittens3

jangan takut d’gigit sama anak kucing .. karna gigi mereka belun tajem .. walopun agag ngeri .. tapi d’gigit anak kucing lebih enak d’banding d’gigit vampire .. ekekekekekek .. ^^

gendong aja

buat kucing lo senyaman mungkin .. kedekatan kaya gini bisa nambahin spirit yang melihara hewan peliharaan

buat lebih jelas’y .. lo bisa mampir ke link ini ..

whiskas

waltham

gw sempet nemu satu link yang isi’y tentang kelahiran yang aneh terhadap kucing .. cukup miris ngeliat’y .. tapi buat para pecinta kucing .. mungkin berita ini cukup lah membuat kalian semua menggeleng”kan kepala

freak face cats

sumber : selebaran yang d’kasih sama mbak” whiskas waktu gw agi belanja bulanan buat kucing gw d’salah satu market yang guede d’daerah cibubur

^^.. selamat memelihara kucing .. ^^

kitten

About kangopay

Seorang anak manusia yang mencoba untuk menjadi sesuatu yang berguna bagi sesama

Posted on 9 Februari 2013, in Internet, Lingkungan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: